Inilah Cara Tidur Nyenyak Tanpa Ketergantungan Obat



Pakar Saraf dari Houston Metodologist Hospital, Dr Randall Wright, menjelaskan, orang yang tidur malamnya kurang dari tujuh jam satu hari beresiko diabetes, permasalahan jantung serta obesitas. Efek paling beresiko ialah kehancuran peranan otak.

Wright menerangkan, saat tidur, otak manusia lakukan peranan yang tidak dapat dikerjakan saat terjaga. Salah satunya menaruh info baru, mengarsipkan kenanangan serta mengahapus info sampah.

"Saat Anda kekurangan tidur, otak tidak dapat menyelesaikan semua pekerjaannya. Hal tersebut akan menyebabkan pada permasalahan daya ingat dan penyakit otak serius dalam periode panjang," kata Wright dikutip health24.com, Selasa (26/11).

Untuk menanganinya, Wright merekomendasikan tidak untuk konsumsi obat tidur. Karena, obat tidur akan membuat ketergantungan serta ke arah pada keperluan dosis yang makin tinggi tiap bulannya.

"Dalam periode panjang, obat-obatan itu mulai dapat memengaruhi organ penting serta mengakibatkan permasalahan kesehatan yang lain," kata Wright.

Karena itu, Wright memberi empat panduan supaya satu orang gampang tidur serta memperoleh tidur bermutu. Panduan ini termasuk simpel serta dapat dikerjakan kebanyakan orang.

Pertama, buat kegiatan rutin mendekati tidur yang membuat Anda enjoy. Seperti mengosok gigi, mandi air hangat, dengarkan musik enjoy serta membaca buku. "Otak Anda akan mulai meyadari skema kegiatan rutin itu jadi signal untuk enjoy serta melepas hormon yang menolong untuk tertidur," kata Wright.

Ke-2, jauhkan semua alat elektronik dari tempat tidur Anda. Khususnya, jangan mainkan hp saat babak enjoy atau telah mulai lakukan kegiatan rutin mendekati tidur. Terhitung saat Anda terjaga waktu malam, jangan mainkan tablet atau melihat tv. "Semestinya minumlah teh atau membaca buku," katanya.

Ke-3, makan malam lebih dini. Usahakan makan malam sebelum jam 19.00. Hingga ada waktu yang cukup buat badan untuk mengolah makanan.

Ke empat, olahraga lebih dini. Beberapa riset, kata Wright, tunjukkan jika orang yang olahraga waktu siang hari akan condong memperoleh tidur bermutu.

"Saya menjelaskan pada pasien saya untuk olahraga seawal mungkin pada siang hari. Olahraga akan membuat badan melepas adrenalin serta endorpin. Dua hormon itu akan membuat Anda masih terjaga bila telat olahraga atau saat malam hari," sebut Wright.

Wright mengutamakan, meningkatkan rutinitas tidur seperti itu ialah langkah paling baik supaya bisa memperoleh kualitas tidur yang diperlukan. Obat tidur semestinya, katanya, cuma dipakai jadi jalan keluar paling akhir.

Posting Komentar

0 Komentar