Yuk Kita Mengenal Sejarah Coklat

Rasa cokelat yang unik membuat banyak disukai. Beberapa orang nikmati cokelat untuk menganakemaskan lidah mereka. Beberapa minuman dan makanan dibikin dari cokelat atau dengan rasa cokelat. Sambil nikmati cokelat Anda, silahkan kita lihat darimanakah asal cokelat? Lantas bagaimana riwayat cokelat?

Asal Cokelat

Cokelat atau seringkali diketahui jadi kokoa dibuat dari tumbuhan kakao atau diketahui dengan nama latin Theobroma cacao. Kata theobroma bermakna makanan beberapa dewa. Cokelat atau kokoa diambil dari sisi biji pohon kakao.

Negara penghasil kakao paling besar di dunia sekarang ialah Pantai Gading. Sedang Indonesia tempati posisi 3 besar negara penghasil kakao. Itu penyebabnya banyak cokelat yang dapat dibuat serta di nikmati di Indonesia. Tetapi, darimanakah sebetulnya cokelat berasal? Bagaimana riwayat cokelat?


Riwayat Cokelat

Kemungkinan, di lembah-lembah Amazon serta Orinoco di Amerika Selatan ada beberapa pohon kakao liar. Pohon ini telah tumbuh disana semenjak beberapa ribu tahun waktu lalu, peluang semenjak 400 tahun sebelum masehi. Selanjutnya beberapa orang dari bangsa Maya mulai membudidayakan pohon kakao. Pada saat beberapa orang ini bermigrasi ke Yucatan di Amerika Tengah, mereka bawa kakao kesana.

Rutinitas nikmati cokelat diawali oleh beberapa bangsawan suku Indian Aztec di Amerika Tengah, wilayah yang saat ini jadi daerah Meksiko. Masyarakat Meso-Amerika ini mencampurkan bubuk biji kakao yang rasa-rasanya pahit dengan jagung fermentasi atau dengan anggur. Kombinasi ini diracik jadi minuman yang diberikan dalam cangkir emas. Bahkan juga satu diantara kaisar Aztec yang bernama Montezuma bisa minum lebih dari 50 cangkir cokelat tiap hari.

Bahkan juga, sebab demikian berharganya cokelat pada saat itu dipandang seperti makanan beberapa dewa sebagai asal mula nama latin pohon cokelat. Hingga biji kakao dipakai dalam upacara keagamaan serta sebagai hadiah. Diluar itu, sebab berharganya cokelat pada jaman itu, membuat biji kakao dipakai sebagai alat pembayaran yakni mata uang.

Pada saat berlangsung penaklukan oleh Spanyol di Meksiko serta Amerika Tengah, orang Spanyol memulai buka perkebunan kakao. Nyatanya keuntungannya besar sekali, hingga orang Spanyol kuasai perdagangan cokelat sampai era ke-18. Mereka bawa biji kakao ke Haiti, Trinidad serta Afrika Barat. Serta sampai saat ini, penghasil cokelat paling besar salah satu negara di Afrika Barat yakni Pantai Gading.

Rutinitas minum cokelat pada akhirnya jadi rutinitas beberapa bangsawan di Spanyol. Selanjutnya rutinitas ini menebar sampai ke Inggris serta semua Eropa, terutamanya warga kelompok atas serta bangsawan.

Sebab rasa-rasanya yang unik, minuman cokelat bahkan juga menandingi bir yang waktu itu popular di Eropa. Serta keinginan akan cokelat dengan rasa yang makin nikmat terus berkembang, ditambah lagi semenjak diketemukan mesin untuk bikin cokelat pada saat revolusi industri.

Semenjak diketemukan beberapa cara membuat cokelat pada saat revolusi industri di Eropa, mesin uap mulai dipakai untuk menggiling cokelat. Selanjutnya pergantian relevan dalam tingkatkan kualitas cokelat berlangsung pada tahun 1828 di Belanda dimana Coenraad van Houten temukan langkah memisahkan bubuk serta minyak kakao dari adonan biji kakao giling. Ini buka penemuan-penemuan selanjutnya yang dapat mencampurkan cokelat yang berbentuk cairan yang kental serta pekat, digabung minyak kakao dan gula. Serta ini jadi asal-usul cokelat padat yang bisa menjadi cikal akan cokelat batangan yang kita mengenal saat ini.

Seputar era ke-19, baru cokelat yang rasa-rasanya lembut di lidah mulai dibuat. Diawali di Swiss, adonan biji kakao giling dimasukkan ke cakram porselen serta dihaluskan beberapa saat hingga membuahkan cokelat yang lembut serta bisa lumer di lidah. Proses ini disebutkan conching.

Selanjutnya banyak entrepreneur industri makanan mulai membuat cokelat type ini yang benar-benar laris. Beberapa nama populer yang merknya populer sampai saat ini, mulai terjun dalam industri ini. Entrepreneur serta penemu seperti Lindt, Nestle, Hershey, Tobler serta Kohler, yang nama mereka diketahui jadi merk cokelat sampai ini hari, sudah temukan beberapa mesin pemrosesan cokelat untuk tingkatkan kualitas serta rasa cokelat.


Faedah Cokelat

Cokelat sudah dipandang seperti satu diantara makanan atau minuman yang dapat menolong kesehatan. Silakan baca artikel tersebut tentang cokelat untuk kesehatan: Cokelat Membuat Hidup Lebih Sehat.

Diluar itu, cokelat dapat dibuktikan membuat kulit lebih halus. Contohnya cokelat dapat menahan penuaan awal. Silakan baca artikel tersebut: Cokelat untuk Kecantikan.

Beberapa riset, walau belum bisa dibuktikan, sudah tunjukkan keefektifan cokelat dalam perawatan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, konstipasi, serta permasalahan kulit. cokelat bisa tingkatkan mood baik satu orang bahkan juga dapat tingkatkan hasrat seksual.

Ya, cokelat sudah jadi camilan serta minuman favorite buat beberapa orang. Pasti kita mujur dapat nikmati cokelat pada jaman kekinian ini, dimana rasa, struktur serta macam cokelat sudah ada banyak sekali dengan kualitas yang tambah lebih baik dibandingkan saat pertama-tama cokelat di nikmati.

Posting Komentar

0 Komentar