Tertarik Dengan Polyflex? Yuk Simak Cara Sablon Polyflex!

Ada yang senang melakukan Do It Yourself atau DIY? banyak hal yang bisa kita lakukan sendiri, baik untuk menciptakan barang atau memodifikasinya. Ketika mengerjakan sesuatu sendiri (bukan produk jadi dari pabrik) tentu akan meningkatkan tingkat kepuasan kita akan suatu barang. Salah satunya adalah menyablon sendiri kaos kesayangan. Apalagi sekarang toko yang jual polyfex (bahan sablon) sudah tersedia luas bahkan dapat dibeli secara online.

Sablon sendiri berasal dari frasa Belanda sjabloon yang artinya adalah tempel atau template. Maka jika kamu menyablon artinya adalah kamu menempelkan suatu desain ke media tertentu sesuai dengan cetakan atau template yang ada. Nah jenis sablon sendiri jenisnya ada banyak ya  mulai dari sablon printing, glow in the dark, sampai sablon foil. Salah satu jenisnya yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah sablon polyflex.

Sablon polyflex menggunakan bahan polyflex yang berbentuk seperti sticker yang akan menempel kuat pada pakaian setelah di press menggunakan panas. Nah buat kamu yang ingin mencoba mendesain sendiri kaos di rumah menggunakan sablon polyflex dapat  dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ya :

  1. Persiapkan alat
Alat yang dibutuhkan untuk membuat sablon polyflex sendiri menggunakan setrika adalah :

a.      Komputer lengkap dengan aplikasi editor
Sebelum memulai sablon, buatlah terlebih dahulu desain yang akan ditempel pada pakaian menggunakan aplikasi editor
b.      Mesin Cutting
Mesin ini akan digunakan untuk memotong desain yang telah dibuat di komputer pada polyflex yang akan digunakan
c.       Setrika atau Mesin Press
Mesin ini akan digunakan untuk merekatkan desain pada kaos. Sehingga mesin ini harus memiliki suhu yang sangat tinggi


  1. Persiapkan bahan
Bahan yang dibutuhkan untuk sablon polyflex adalah sebagai berikut :

a.      T-Shirt atau Kaos
Media yang akan kamu tempeli desain
b.      Bahan sablon
Media yang akan kamu buat desainnya. Atau bahan yang akan kamu tempel ke kaos. Bahan yang digunakan adalah polyflex.  Jadi pilihlah sesuai kebutuhanmu ya, baik jenis bahannya maupun warnanya. Sesuaikan dengan desainnya juga. Kamu dapat membelinya secara online karena sekarang sudah banyak toko online yang jual polyflex.
c.       Kertas Teflon
Kerta ini digunakan untuk melapisi polyflex ketika d-ipress panas atau disetrika.

  1. Proses Pengerjaan
Jika alat dan bahan sudah kamu persiapkan dan tidak ada kerusakan, artinya dapat digunakan secara maksimal, maka langkah selanjutnya adalah kamu memulai proses sablon.
1.      Buatlah desain menggunakan aplikasi editor yang ada di laptop. Jika kamu kesusahan dalam mendesain, kamu dapat meminta bantuan kepada yang ahli dalam membuat desain. Jangan lupa sebelum dicetak, untuk mengatur posisi desain menjadi mirror (terbalik). Jangan lupa juga untuk mengatur layoutnya.
2.      Langkah yang kedua adalah mencetak desain pada polyflex dengan menggunakan mesin cutting. Letakan polyflex pada posisi yang tepat kemudian nyalakan start. Maka mesin cutting akan memotong polyflex sesuai dengan desain
3.      Setelah proses cutting selesai, langkah berikutnya adalah proses peeling. Pada proses ini, bagian yang tidak dibutuhkan akan dikupas dan dibuang. Terutama jika kaosmu berwarna hitam. Kamu harus berhati-hati dalam melakukan peeling supaya sablon menjadi rapi.
4.      Kamu harus menyalakan mesin press dan atur suhu menjadi 1500C jika ingin hasil yang maksimal. Jika kamu menggunakan setrika, pastikan suhunya sudah sangat tinggi. Proses press nanti akan dilakukan selama 10 detik.
5.      Letakan kaos diatas meja dalam posisi yang tepat. Kemudian letakan polyflex diatas kaos sesuai posisi dimana kamu ingin meletakan sablon. Kemudian lapisi bagian atas polyflex dengan kertas teflon.
6.      Setelah itu tekan tuas mesin pressnya atau taruhlah setrika diatas polyflex sampai 10 detik. Indikasi proses selesai, adalah jika mesin sudah mengeluarkan bunyi “bib”. Kemudian angkat tuas mesin pressnya
7.      Sablon kaos polyflex karya kamu sudah jadi dan siap digunakan
Demikian tutorial mengenai cara menyablon sendiri kaos kesayangan sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk selalu membeli alat dan bahan yang berkualitas ya. Jangan sampai hasilnya menjadi tidak maksimal karena salah pilih bahan atau alat. Belilah bahan pada toko yang jual polyflex dengan layanan dan produk yang baik dan terpercaya.

Posting Komentar

0 Komentar