Mendesain Rumah Ramah Lingkungan

Jadi satu diantara langkah menyayangi bumi ini mulai dapat dikerjakan dari rumah. Langkah pertama sekali ialah saat mulai membuat satu rumah. Ini jadi langkah yang penting sebab rumah akan berdiri sepanjang beberapa puluh tahun, jadi pada step mulai membuat butuh selekasnya dilihat beberapa hal yang perlu dikerjakan untuk bikin rumah yang ramah lingkungan.

Membuat Green House

Rumah lingkungan bukan sekedar akan selamatkan lingkungan dan juga akan membuat Anda lebih sehat, nyaman serta irit. Membuat rumah hijau (green house) atau rumah lingkungan ini meliputi dalam beberapa tahapan di bawah ini.


Meminimalisir Pemakaian Sumber Daya Alam dalam Proses Pembangunan

Saat proses pembangunan rumah, upayakan supaya meminimalisir pemakaian bahan bangunan. Anda bisa mengatur penggunaan bahan bangunan serta bicarakan pada tukang supaya bisa memakai bahan dengan irit serta tidak beli bahan bangunan terlalu berlebih serta pada akhirnya tidak digunakan.

Contohnya, saat Anda memerlukan triplek serta kayu-kayu jadi penahan cor an lantai atas. Anda dapat memakai kayu-kayu sisa dari rumah yang sudah usai dibuat serta masih dapat digunakan. Atau bagaimana peletakan pasir supaya pasir tidak diinjak-injak serta pada akhirnya tidak digunakan .

Design yang pas serta masak penting juga supaya sedikit bahan bangunan yang terbuang. Kekeliruan design atau design yang dirubah, peluang akan ada sisi yang telah dibuat dibongkar lagi hingga bahan bangunan terbuang sia-sia.


Pilih Material Bangunan yang Ramah Lingkungan

Karena perubahan tehnologi, sekarang banyak material bangunan ramah lingkungan yang bisa dipakai. Satu diantara triknya dengan mengirit pemakaian kayu, yang bermakna meminimalisir penebangan pohon serta selamatkan rimba jadi sisi penting untuk kehidupan di bumi.

Beberapa bahan bangunan ramah lingkungan ialah baja ringan yang dipakai untuk atap, alumunium / PVC atau UPVC untuk kusen pintu serta jendela, memakai pintu PVC yang datang dari plastik, gypsum jadi alternatif triplek untuk plafon, jadi pilihan pemakaian kayu, bisa memakai kayu daur lagi atau kayu plastik yang adalah hasil proses daur lagi.

Hal positif lain dari memakai beberapa bahan itu bisa mengirit proses pembuatan serta sebab bikinan pabrik, umumnya lebih terbangun mutunya.


Rumah Irit Daya Listrik

Sudah pernahkah Anda turut dalam kampanye mematikan lampu sepanjang 1 jam? Hal itu mempunyai tujuan supaya kita sadar untuk irit daya listrik. Butuh dibikin perancangan supaya rumah minim memakai daya listrik. Bikinlah design rumah dengan bukaan sinar alami yang ideal hingga tak perlu memakai listrik saat pagi serta siang hari. Membuat ventilasi yang baik, bagaimana mengendalikan supaya ada perputaran udara akan kurangi pemakaian AC sebab udara di rumah yang tidak panas. Membuat toran untuk menyimpan air satu diantara langkah mengirit listrik sebab tak perlu memakai listrik yang besar untuk menyalakan pompa saat akan memakai air.


Memakai Daya Pilihan

Ada skema yang bisa membuahkan solar listrik atau photovoltaic (PV). Daya ini bisa gantikan daya listrik. Daya pilihan yang banyak dipakai dengan manfaatkan daya matahari atau tenaga angin. Contoh umum ialah memakai pemanas air dengan memakai daya matahari. PV ditempatkan di atap untuk menyimpan panas matahari serta diproses untuk memanaskan air. Dengan sitem yang lebih kompleks, panas matahari ini bisa penuhi keperluan daya listrik untuk semua rumah.


Rumah Irit Pemakaian Air

Air ialah zat penting dalam kehidupan. Di rumah, pemakaian air terbanyak. Air dipakai untuk membersihkan baju, piring, mobil, sayuran, untuk menyiram tanamana, air untuk mandi serta beberapa kepentingan lain di kamar mandi serta untuk kepentingan yang lain. Bila dipakai dengan boros bukan hal yang tidak mungkin air akan habis. Karena itu, butuh pengendalian pemakaian air di rumah.

Langkah mengirit air di rumah bisa diawali semenjak pembangunan rumah. Misalnya, dengan memakai kloset dual flush yang irit air serta memakai kran sensor. Dengan pengetahuan serta aplikasi yang pas, Anda bisa membuat pembuangan serta mengolahan air agar didaur lagi, yakni dengan manfaatkan sampah air dari dapur serta kamar mandi diproses kembali hingga bisa dipakai untuk menyiram tanaman, mobil, serta yang lain.

Dalam pemakaiannya seharian, air bisa dihemat, contohnya air kaya vitamin yang sudah dipakai untuk membersihkan sayuran bisa ditampung serta dipakai untuk menyiram tanaman Untuk menabung air, bisa dikerjakan dengan membuat sumur resaan yang akan menyimpan air hujan, atau langkah praktis dengan membuat lubang bipori di taman.


Membuat Taman

Taman rumah jadi tempat satu diantara kita bisa melestarikan lingkungan. Di taman, kita bisa menanam beberapa tanaman yang berperan jadi penahan air hujan, jaga konsistensi serta kesuburan tanah serta membuahkan oksigen. Pohon serta tanaman di taman dapat berperan jadi pelindung panas serta penahan debu hingga rumah bisa jadi bertambah nyaman.

Anda bebas memastikan mode rumah yang akan dibuat, tapi jangan lupakan supaya masih membuat rumah ramah lingkungan atau green house. Ini adalah langkah riil jika kita melestarikan lingkungan. Jadi imbalan, rumah ramah lingkungan bisa mengirit pengeluaran untuk rumah Anda tiap bulannya.

Posting Komentar

0 Komentar